Dokumen Bayi – Birth Certificate – Step 1

Berikut adalah dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus Birth Certificate di Singapore. Info dari website nya ICA. http://www.ica.gov.sg/page.aspx?pageid=160&secid=159

Documents Required:

For ALL
Notification of Live Birth issued by the hospital*
Identity Cards of both parents
Original marriage certificate of parents

*Parents of children not born in hospitals can obtain the Notification of Live Birth from the doctors/midwife/ ambulance staff who delivered the baby.

Additional Documents Required for Foreigners
Passports of parents
Entry Permits of parents
Disembarkation/Embarkation card of parents (atau EP/PR card kalau domisili sini)

Dari pengalaman teman baik Suhu, Dina, yang belum lama ini melahirkan seekor kucing kecil di NUH, bayar admin fee totalnya 40$. Tapi karena suami Dina ini kan memang super sekali, mereka ngurus langsung ke ICA. Buat yang mau menempuh jalur ini, biayanya $18. Sebenarnya di rumah sakit juga biayanya $18, tapi ditambahi admin fee. Suhu sendiri mendaftarkan di KK Hospital dan perlu membayar $18 (untuk imigrasi) dan $21.40 untuk admin KK (20$ ditambah 7% pajak).

Sebenarnya lebih convenient untuk melakukan transaksi ini di rumah sakit pas bayi waktu saja lahir.. Jadi untuk yang ancang-ancang mau melahirkan, mungkin dokumen-dokumen tersebut di atas bisa dibawa saat mau lahiran. Biar gampang. Tapi kalau pasangannya bukan dua-duanya PR, dan nikah nya di luar Singapore, harus ke ICA karena rumah sakit tidak bisa memproses.

Pencatatan kelahiran ini dibatasi 14 hari dari Notification of Live Birth. Kalau karena satu dan lain hal terlambat mendaftarkan ini, ada periode untuk delayed registration sampai 42 hari. Ini mungkin buat bunda yang masih galau anaknya dikasih nama Nabila atau Bebi Cesara. Tapi untuk kepentingan kita, sebaiknya proses ini dilakukan secepat mungkin tanpa ditunda, karena ini baru step 1 dan masih ada banyak step di belakang yang batas waktunya cukup sempit kalau akte lahir ini keluarnya telat. Para suami harus bersikap tegas dan melaksanakan hak veto untuk memberi nama anaknya Nunung kalau istrinya masih berlarut-larut memikirkan nama yang tak pasti.

Hal ini dikarenakan semua deadline berbasis dari tanggal lahir bayi. Meskipun akte ini boleh molor sampai 42 hari, kita masih harus mengurus paspor dan ijin tinggal yang semuanya harus beres sebelum bayi kita kehabisan ijin tinggal turis. Iya, mbrojol di negara ini bayi kamu jadi turis. Kalau sampai ijin tinggal turisnya habis, bayi kamu jadi … imigran gelap.

Advertisements

2 thoughts on “Dokumen Bayi – Birth Certificate – Step 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s