Dokumen Bayi – Surat Pencatatan Kelahiran – Step 2

Berikut adalah dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus Surat Pencatatan Kelahiran di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapore. Info dari pengalaman Suhu pergi ke KBRI tanggal 20 Maret 2015. Informasi dapat berubah sewaktu-waktu dan Suhu tidak menjamin informasi ini bakal up-to-date. Untuk lebih jelas, cek di website KBRI Singapore http://www.kemlu.go.id/singapore/Pages/default.aspx

2015-03-20 10.32.22

Haha .. Monther. Untung bukan Monster.

Sesuai foto di atas yang, dokumen yang dibutuhkan adalah:

1. Singapore Birth Certificate
Cara dapatnya dari Step 1.

2. Paspor Papa dan Mama.

3. IC Papa dan Mama.

4. Certificate of Marriage
Suhu punya ROM Certificate yang dikeluarkan Singapura, pencatatan perkawinan yang dikeluarkan KBRI Singapura, dan Akte Kawin yang dikeluarkan catatan sipil Malang. KBRI memilih pencatatan perkawinan yang dikeluarkan KBRI Singapura.

Biaya: Gratis. Bahkan ditulis besar-besar di depan loket Counter 4.

2015-03-20 10.31.43

Waktu Proses: 1 (satu) hari kerja.
Karena Suhu hanya sempat apply hari Jumat, maka collection harus tunggu sampai hari Senin. Terlihat lama karena melewati weekend. Tapi kalau kalian apply selain hari Jumat, seharusnya waktu proses 1 hari tidaklah menjadi masalah. KBRI Singapura sangat efisien dan layak diacungi jempol.

Jam kerja: Apply 9.30 pagi – 12 siang. Hari Senin sampai Jumat.

Tempat: KBRI Singapura Lantai 2. Counter 4 khusus diperuntukkan mengurus dokumen-dokumen bayi Indonesia di Singapura. Setelah naik tangga di sisi kanan.

Biar efektif tapi tetap murah, lebih baik naik MRT ke Redhill, dari Redhill MRT keluar di sisi kiri ada Taxi stand. Naik taxi dari MRT Redhill ke KBRI sekitar 7 dollar tanpa surcharge peak hour. Toh kita cuma bisa apply jam 9.30 pagi, sudah lewat jam surcharge taxi.

Tips dari Dina:
Setelah mengurus Surat Pencatatan Kelahiran, sebelum pulang turunlah ke Lantai 1 tempat pengajuan bikin paspor. Minta form untuk bikin paspor. Lalu pulang dan formnya bisa diisi di rumah. Nanti formnya bakal diajukan saat kita balik KBRI untuk mengambil Surat Pencatatan Kelahiran yang sudah jadi. Dokumen untuk bikin surat pencatatan kelahiran adalah subset dari dokumen untuk bikin paspor. Jadi langsung saja fotokopi dua set. Nanti waktu aplikasi paspor tinggal menambahkan fotokopian dokumen yang lain.

Advertisements

3 thoughts on “Dokumen Bayi – Surat Pencatatan Kelahiran – Step 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s